Menurut Driyarkara sebagaimana
dikutip Nanang Fattah (2000: 4) mengatakan bahwa pendidikan itu adalah
memanusiakan manusia muda. Pengangkatan manusia muda ke taraf mendidik.
Dalam Dictionary of Education dinyatakan
bahwa pendidikan adalah: 1) proses seseorang mengembangkan kemampuan, sikap,
dan tingkah laku lainnya di dalam masyarakat tempat mereka hidup, 2) proses
sosial yang terjadi pada orang yang dihadapkan pada pengaruh lingkungan yang
terpilih dan terkontrol (khususnya yang datang dari sekolah), sehingga mereka
dapat memperoleh perkembangan kemampuan sosial dan kemampuan individu yang
optimal. Dengan kata lain pendidikan dipengaruhi oleh lingkungan atas individu
untuk menghasilkan perubahanperubahan yang sifatnya permanen (tetap) dalam
tingkah laku, pikiran, dan sikapnya.
Menurut Crow and Crow sebagaimana
dikutip Nanang Fattah (2000: 5); Modern educational theory and practise not
only are aimed at preparation for future living but also are operative
in determining the patern of present, day-by-day attitude and behavior. Pendidikan
tidak hanya dipandang sebagai sarana untuk persiapan hidup yang akan datang, tetapi
juga untuk kehidupan sekarang yang dialami individu dalam perkembangannya
menuju ke tingkat kedewasaannya.
Secara sederhana pendidikan dapat
disimpulkan bahwa pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk
mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran yang berlangsung dalam
segala linkungan dan seumur hidup untuk mengembangkan potensi diri.
Identifikasi beberapa ciri pendidikan, antara lain yaitu:
a) Pendidikan
mengandung tujuan, yaitu kemampuan untuk berkembang sehingga bermanfaat untuk
kepentingan hidup.
b) Untuk
mencapai tujuan itu, pendidikan melakukan usaha yang terencana dalam memilih
isi (materi), strategi, dan teknik penilaiannya yang sesuai.
c) Kegiatan
pendidikan dilakukan dalam lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat (formal
dan non formal).
Apabila dikaitkan dengan keberadaan dan hakikat kehidupan manusia,
kemanakah pendidikan itu diarahkan? Jawabannya untuk pembentukan kepribadian
manusia, yaitu mengembangkan manusia sebagai makhluk individu, makhluk sosial,
makhluk susila, dan makhluk beragama (religius).
0 comments:
Post a Comment