Guru Sebagai
Pelaksana Kurikulum
formulasi Kurikulum adalah perangkat pengalaman
belajar yang akan didapat oleh peserta didik selama ia mengikuti suatu proses
pendidikan. Secara resmi sebenarnya kurikulum meruapakan sesuatu yang
diidealisasikan atau dicita-citakan.
Keberhasilan dari suatu kurikulum yang ungin dicapai
sangat bergantung pada faktor kemampuan yang dimiliki oleh seorang guru.
Artinya, guru adalah orang yang bertanggung jawab dalam upaya mewujudkan segala
sesuatu yang telah tertuang dalam suatu kurikulum resmi.
Seorang guru haruslah memiliki tanggung jawab untuk
mengembangkan kurikulum, selain tugas utamanya sebagai pembina kurikulum. Ini
berarti bahwa guru dituntut untuk selalu mencari gagasan baru demi
penyempurnaan praktik pendidikan dan praktik pembelajaran pada khususnya. Hal
ini harus dilakukan agar hasil belajar peserta didik dapat ditingkatkan dari
waktu ke waktu. Untuk itu, seorang guru harus menganggap bahwa kurikulum
sebagai program pembelajaran yang harus diberikan kepada peserta didik bukan
sebagai barang mati, sehingga apa yang terdapat dalam kurikulum dapat
dijabarkan oleh guru menjadi suatu materi yang menarik untuk disajikan pada
peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung
Ø Sebagai seorang educator,
seorang guru berfungsi untuk mengembangkan kepribadian, membimbing, membina
budi pekerti, dan memberikan pengarahan.
Ø Sebagai seorang manager,
seorang guru berfungsi untuk mengawal pelaksanaan tugas dan fungsi berdasarkan
ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku.
Ø Sebagai seorang administrator,
seorang guru berfungsi untuk membuat daftar presensi, membuat daftar penilaian,
dan melaksanakan teknis administrasi sekolah.
Ø Sebagai seorang supervisor,
seorang guru berfungsi untuk memantau, menilai, dan memberikan bimbingan teknis.
Ø Sebagai seorang leader,
seorang guru berfungsi untuk mengawal pelaksanaan tugas pokok dan fungsi tanpa
harus mengikuti secara kaku ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku.
Ø Sebagai seorang inovator,
seorang guru berfungsi untuk melakukan kegiatan kreatif dan menentukan
strategi, metode, cara, atau konsep yang baru dalam pengajaran.
Ø Sebagai seorang motivator,
seorang guru berfungsi untuk memberikan dorongan kepada peserta didik untuk
dapat belajar lebih giat dan memberikan tugas kepada peserta didik sesuai
dengan kemampuan dan perbedaan individual peserta didik.
Ø Sebagai seorang dinamisator,
seorang guru berfungsi untuk memberikan dorongan kepada siswa dengan cra
menciptakan suasana lingkungan pembelajaran yang kondusif.
Ø Sebagai seorang evaluator, seorang
guru berfungsi untuk menyusun instrumen penilaian, melaksanakan penilaian dalam
berbagai bentuk dan jenis penilaian, dan menilai pekerjaan peserta didik.
Ø Sebagai seorang fasilitator,
seorang guru berfungsi untuk memberikan bantuan teknis, arahan, dan petunjuk
kepada peserta didik.
Imam Al
Ghazali pernah berkata “seseorang yang berilmu dan kemudian bekerja dengan
ilmunya, dialah yang dinamakan orang besar di kolong langit ini. Dia itu ibarat
matahari yang menyinari orang lain, dan menyinari dirinya sendiri. Ibarat
minyak kasturi yang wanginya dapat dinikmati oleh orang lain, dan ia sendiripun
harum. Siapa yang bekerja di bidang pendidikan, sesungguhnya ia telah memilih
pekerjaan terhormat dan sangat penting“.
0 comments:
Post a Comment